Peran Pameran MBC dalam Meningkatkan Pasar TI di Daerah

Peran Pameran MBC dalam Meningkatkan Pasar TI di Daerah

Medan, 7 Maret 2013 – Indonesia masih menjadi pasar yang sangat potensial untuk industri teknologi informasi (TI). Catatan Apkomindo menunjukkan bahwa bahwa rata-rata bisnis TI di Indonesia menghasilkan 150 triliun rupiah per tahun, di mana 50 triliun rupiah berasal dari penjualan PC, notebook, dan tablet. Pameran TI sendiri yang sering digelar di berbagai tempat memberi kontribusi sebesar 5 persen atau sekitar 2,5 triliun rupiah bagi industri TI nasional. Salah satu pameran TI yang cukup signifikan dalam meningkatkan pasar TI nasional adalah Mega Bazaar Computer (MBC) yang kemarin (06/03/13) dibuka secara resmi di Jakarta Convention Center.

Selain berperan meningkatkan penjualan produk-produk teknologi informasi (TI), MBC juga merupakan event yang diarahkan untuk memperluas pasar TI di daerah. Oleh karena itu, Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara pameran, konsisten menggelar pameran TI di kota-kota lain di Indonesia selain Jakarta, mulai dari Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Semarang, dan Yogyakarta. “Kami memiliki misi untuk menjadikan pameran MBC sebagai pameran yang berperan dalam meningkatkan pasar TI di daerah. Ini merupakan tugas yang tidak mudah mengingat pasar TI di masing-masing daerah memiliki karakter yang berbeda,” terang Bambang Setiawan, Direktur Operasional Dyandra Promosindo.

Salah satu tantangan dalam pengembangan pelaksanaan pameran di daerah adalah adanya perbedaan karakter dan kebutuhan konsumen atas sebuah gadget. Sebagai contoh, suatu produk yang laris manis di Jakarta belum tentu digemari di daerah lain. Oleh karena itu produk-produk yang dihadirkan oleh peserta pamer tentu juga berbeda. Untuk mengakomodir kebutuhan dan tren yang ada di masyarakat, vendor yang hadir di pameran MBC juga menyesuaikan dengan produk yang tengah disukai. Misalnya saat ini, produk tablet dan smartphone tengah naik daun menggantikan notebook dan bahkan desktop yang disinyalir kebutuhannya akan terus menurun. Ragam produk yang dipamerkan pun disesuaikan dengan tren dan kebutuhan masyarakat di kota tersebut. Selain ragam produk yang semakin lengkap, tentunya juga promo-promo yang ditawarkan oleh peserta tentu juga semakin menarik dan berbeda di tiap daerah penyelenggaraannya.

Berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat MBC 2013 yang tahun ini hadir di 7 kota menghadirkan berbagai macam promo, mulai dari potongan harga, penawaran cashback hingga promosi clearance sale digaungkan di booth-booth peserta. Panitia pun tidak mau ketinggalan menghadirkan promo spesial untuk pengunjung setianya.

Antusiasme Publik pada Program MBC

Penyelenggaraan MBC hari pertama sudah dipenuhi berbagai program promo yang menarik pengunjung. Salah satu program yang digelar panitia adalah program promo SerBu (Serba 10 Ribu Rupiah), dengan harga semurah itu 100 pembeli pertama yang beruntung dapat membawa pulang  produk flashdisk, beragam tas bodypack, printer, dan bahkan ragam produk gadget seperti tablet dan LCD Monitor pun dibandrol dengan harga yang sama. Area dan waktu penjualan yang selalu berbeda setiap harinya menjadikan program ini semakin menarik untuk diikuti, “Para pengunjung yang berhasil membawa pulang berbagai produk TI terkini dengan harga spesial di program SerBu adalah pengunjung yang benar-benar beruntung karena program tersebut dijalankan pada tempat dan waktu yang berbeda disetiap harinya” jelas Dwi Putri Winahyu, Manager Divisi TI Dyandra Promosindo yang mengaku kaget melihat antusiasme pengunjung mengantri pada pelaksanaan program SerBu perdana di hari pembukaan.

Hotma, salah satu pengunjung yang ikut dalam antrian program SerBu mengatakan ia senang hadir di hari pertama MBC Medan 2013 karena berhasil membawa pulang tablet dengan harga super murah. “Baru kali ini saya masuk pameran gratis dan bisa beruntung membeli tablet hanya dengan membayar 10.000 rupiah, terima kasih di MBC 2013” ujarnya berseri.

Selain antrian pada program SerBu, kerumunan dan antrian juga terlihat diberbagai booth peserta MBC Medan 2013, salah satunya pada booth Telkomsel yang menawarkan berbagai paket smartphone Android selama pameran berlangsung.
***

Tentang PT Dyandra Media International Tbk. (DMI)

PT Dyandra Media International Tbk (DMI) merupakan perusahaan induk (holding company) yang mengelola berbagai bidang usaha grup Dyandra yang bergerak di bidang industri MICE dan bisnis properti, terutama hotel dan convention. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan visi menjadi sebuah perusahaan jasa terintegrasi dan penyelenggara event terbesar di Indonesia, yang hampir setiap hari memiliki event untuk diselenggarakan. Beberapa diantaranya adalah pameran berstandar internasional seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Indonesia International Communication Conference & Expo (ICC).

Dengan misi menjadi mitra bisnis handal yang selalu memberikan hasil mengesankan serta mengusung profesionalisme dalam setiap bisnisnya, saat ini DMI merupakan pemimpin pasar dalam industri MICE Indonesia. DMI memiliki 4 pilar bisnis utama yaitu PT Dyandra Promosindo (DP) sebagai penyelenggara pameran dan penyelenggaraan acara, PT Nusa Dua Indonesia (NDI) sebagai pusat konvensi dan pameran, PT Graha Multi Utama (GMU) sebagai pengelola bisnis hotel, dan PT Dyamall Graha Utama (DGU) sebagai perusahaan yang pendukung penyelenggaraan pameran dan acara. Saat ini Perseroan menaungi 31 anak perusahaan yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Posisis DMI sebagai anak perusahaan Kompas Gramedia, salah satu grup media terbesar di Indonesia sangat bermanfaat sebagai platform Perseroan meningkatkan profil DMI di Indonesia.

Sumber : http://megabazaarcomputer.com

About these ads
About

Advanturous

Tagged with: , , , , ,
Posted in Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 613 other followers

%d bloggers like this: